Saturday, November 29, 2014

Apa Jadinya Jika Kita Tidak Mandi?


Pasti yang kalian pikirkan setelah membaca judulnya adalah bau, sesuatu yang melibatkan kata "KOTOR". Lalu, dengan berbagai dampak lagsung seperti berkurangnya hubungan sosial, dan berbagai kekhawatiran serius jika kita tidak mandi.

Mungkin kurang lebih akibat dari kita gak mandi adalah:

Kita akan bau.
Kulit dan rambut akan kotor dan semakin kotor
Kesempatan untuk terkena infeksi akan meningkat
Kita akan lebih sering merasakan gatal yang lebih banyak

Coba deh kita pertimbangkan kalo kita gak mandi. Pertama, tubuh kita ini rata-rata ditutupi oleh kulit sekitar 20 kaki persegi atau setara dengan 2 meter persegi dan itu semua mengandung sekitar 2,6 juta kelenjar keringat. Selain keringat, ada ribuan tempat rambut kecil.

Kamu terus-menerus berkeringat, meskipun kamu mungkin tidak menyadarinya. Ingat, ada dua jenis kelenjar keringat di seluruh tubuh kamu, mereka adalah kelenjar ekrin dan apokrin. Keringat dari kelenjar apokrin mengandung protein dan asam lemak, yang membuatnya tebal dan memberikan warna susu atau kekuningan.

Inilah sebabnya mengapa ketiak noda di pakaian tampak kekuningan. Ternyata keringat sendiri tidak memiliki bau. Tapi kenapa disaat kita berkeringat kita menjadi bau? Bau ini muncul ketika bakteri pada kulit dan rambut memetabolisme protein dan asam lemak, mereka menghasilkan bau yang tidak menyenangkan.

Rata-rata orang dapat berkeringat kurang lebih 1 sampai 3 liter per jam tergantung pada iklim sekitarnya. Katakanlah kamu berkeringat sebanyak 3 liter setiap jam. Karena kulit kamu, sudah pasti bersama dengan rambut yang berada di seluruh tubuhmu, lengket dari keringat, itu menjadikan tubuh kita lebih kotor daripada biasanya.

Okeh lanjut, sekarang kita ngomongin kotoran yang hanya ada di permukaan kulit saja. Di kulit kita pasti terdapat mikroorganisme. Untuk sebagian besar, memang bakteri ini bukanlah ancaman besar selama mereka masih di permukaan kulit kita. Tapi bagaimana dong kalo mereka masuk ke aliran darah? Ceritanya beda lagi klo begini..

Ada beberapa hal yang dapat membuat kita gatal. Siapapun bisa terkena kurap. Mungkin ini bukanlah masalah besar, beli aja obat salep di apotek dan kita akan segera membaik. Tapi, masalah akan menjadi berbeda kalau misalkan kita libur mandi, contoh... hari minggu atau hari libur disaat kita males-malesan gak sekolah dan hanya ngungkep di rumah :V dijamin bakal ngegaruk besar-besaran!

Sampai akhirnya kamu menggaruk, garuk terus, garuk lagi sampai akhirnya terasa perih dan itu menandakan kulitmu telah sedikit terbuka karena goresan. Nah.. di kulit kita kan terdapat bakteri ribuan banyaknya, contoh, staphylococcus, kalo mereka masuk ke dalam aliran darah dari goresan yang tadi ini membuat situasi fatal. Mungkin ini bisa terjadi, walaupun dalam persentase kecil.


Karena pembahasan inilah, ayo kita rubah gaya hidup kita yang tadinya males mandi menjadi seseorang yang "berdansa" dengan busa sabun secara teratur!! ^O^

2 comments:

  1. Awesome information..
    Keep writing and giving us an amazing information like this..

    BW gan kunjungi nyapnyap.com

    ReplyDelete
  2. Awesome information..
    Keep writing and giving us an amazing information like this..

    ReplyDelete

Thanks for visit my blog. It's better if you feel free to comment and share. Include the address of this blog if you want to copy my article. I love my visitors and HAVE A NICE DAY ^^v