Sunday, February 16, 2014

Fenomena yang Mungkin Terjadi di Alam Tidur Mu



Hoho... mungkin di antara kalian ada yang pernah ngalamin hal ini pas lagi tidur.. kalo seandainya pernah tapi gak tau nama nya, ayoo baca wacana ini, siapa tau aja ada yang terjawab setelah sekian lama kamu bertanya-tanya di dalam batin. Jiah.. langsung aja, nih di bawah!

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

^ Sentakan Hypnic / Sleep Starts ^
Nah.. ini dia, kalau aku paling sering ngalamin yang bagian ini. Di saat kamu tidur tiba-tiba kamu ngerasa berada di dalam mimpi yang seakan-akan terjatuh ke dalam lubang atau jurang yang sangaaaatt dalam. Seketika kamu mendadak bangun dibarengi dengan jantung yang berdebar-debar.

Dengan kata lain kamu itu kayak orang dikagetin tapi kamu lagi tidur?? Pernah gak?? Kalo aku sharing dengan teman aku, kebanyakan mereka udah pernah ngalamin. Dengan berbagai macam kejadian, dari mulai kaget karena jatuh dari tangga, kepeleset, kaget karena denger piring pecah, pokoknya banyak deh...
Dr.William Kohler, Direktur medis dari Florida Sleep menyebut fenomena ini dengan istilah sentakan hypnic atau sleep starts. Yang merupakan gerakan terkejut yang terjadi secara tiba-tiba pada saat tidur hingga membuat seseorang benar-benar terjaga dan berdebar-debar. 

Faktanya adalah, 70 persen manusia pernah mengalami fenomena ini saat tidur. Hal ini adalah normal dan universal. Karena ini melibatkan pengalaman seluruh tubuh, yakni saat otot menegang dan bagian tubuh tertentu mengalami hentakan secara tiba-tiba. Biasanya terjadi pada masa transisi antara sadar dengan sudah tidur. Bahkan durasinya sangat singkat.


Meski jarang terjadi Sleep Starts bisa juga diikuti dengan gangguan lain yang di sebut Exploding Head Syndrome. Merupakan gejala seperti sensasi seperti mendengar bunyi ledakan, bunyi symbal atau guntur menggelegar yang rasanya seperti sangat dekat dengan telinga.
Beberapa ahli mengatakan, fenomena ini terjadi sebelum masuk fase REM (Rapid Eye Movement), yang artinya seseorang belum mulai bermimpi. Selain itu dugaan lain mengatakan, Sleep Starts memiliki keterkaitan dengan riwayat stres dan kegelisahan.

^ Dream in Corporation ^
Atau kamu pernah yang ini?? Jadi dalam mimpi itu, kamu haus banget, kemudian kamu minum sangat banyak tapi masih aja kehausan, lalu kamu bangun dan ternyata benar-benar haus!! "('-' )

Atau jangan-jangan kamu yang ini, di alam tidur mu kamu pengen banget buang air kecil pas bangun kamu emang bener kebelet buang air kecil. Masih kurang pas?? Coba model lain... yang kayak di bawah ini. 

Di alam tidur mu kamu pengen buang air kecil lalu kamu lari ke kamar mandi abis itu kamu buang air kecil, rasanya lega banget. Tapi ternyata!! Pas bangun kamu udah buang air kecil duluan di kasur mu?? Hayoo?? Yang mana? Tinggal pilih ja.. :D
Kok bisa ya?? Jadi gini, ketika kita sedang tidur, sebagian fungsi organ tubuh kita di nonaktifkan oleh otak kita. Ini bermaksud agar ketika kita sedang tidur, organ-organ tersebut tidak ikut bergerak mengikuti gerakan pada mimpi kita. 

Tetapi dalam hal ini ada pengecualian tertentu. Salah satunya adalah saat dimana kebutuhan biologis kita sedang memuncak. Kebutuhan biologis ini seperti rasa haus, lapar, buang air kecil, seksualitas, dsb. 

Kebutuhan biologis tersebut ternyata mampu menguasai hampir separuh dari impuls-impuls syaraf pada otak kita, sehingga dengan dorongan yang sangat kuat tadi mampu membuka ‘kunci’ dari fungsi organ tubuh kita yang sebelumnya sudah di nonaktifkan.
Alhasil, apa yang kita rasakan ketika sedang mimpi akan diteruskan melalui neuron-neuron sensorik otak ke neuron-neuron motorik kita sesuai dengan rangsangan yang diterjemahkan. Dream in Corporation ini memiliki beberapa contoh seperti mengompol, gerakan mengunyah saat tidur, atau mimpi basah, atau bisa juga jalan dalam keadaan tidur, dll. :D


^ Hypnagogic / Narkolepsi ^
Menurut aku ini yang paling ngeri! Jadi kamu lagi nyenyaknya tidur, suddenly, kamu bangun dan ngeliat diri kamu sendiri!! Untuk yang ini aku belum pernah ngalamin. Ini emang gak logis, tapi ini fakta dan salah satu fenomena yang bisa kejadian pada saat tidur.
Hypnagogic atau Narkolepsi dapat dikatakan sebagai serangan halusinasi pada saat tidur, dimana penderitanya akan kesulitan untuk mempertahankan keadaan sadar. Hampir sepanjang waktu ia mengantuk. 


Rasa kantuk biasanya akan hilang setelah ia tertidur selama 15 menit, namun dalam waktu singkat kantuk sudah menyerang kembali. Sebaliknya di malam hari, banyak penderita Hypnagogic atau Narkolepsi yang mengeluh tidak dapat tidur. Gangguan ini terjadi pada mekanisme pengaturan waktu tidur.
Tidur berdasarkan gelombak otak terbagi dalam beberapa tahapan. Mulai dari tahap 1, 2, 3, 4 dan Rapid Eye Movement (REM). Tidur REM adalah tahapan dimana kita bermimpi. Pada penderita Narkolepsi, gelombang REM seakan menyusup ke gelombang sadar.

Akibatnya kantuk terus menyerang dan otak seolah terus bermimpi dalam keadaan sadar. Kondisi mimpi yang menyusup ke alam sadar bermanifestasi sebagai halusinasi. #jujurakukurangmudengdenganpenjelasannya-_-"
Penderita Narkolepsi biasanya berhalusinasi seolah melihat orang lain di dalam ruangan. Orang lain tersebut bisa dirinya sendiri, atau orang yang di kenal, seperti teman, sahabat, keluarga, atau sekedar bayangan, seperti makhluk asing atau hantu. Tergantung pada latar belakang budaya si penderita.

^ Precognitive Dream ^
Pernahkah kamu bermimpi dan ternyata mimpi kamu itu menjadi kenyataan pada hari berikutnya? Atau pernahkah kamu mengimpikan terjadi sebuah bencana dan bencana tersebut benar-benar terjadi pada hari berikutnya?
Itulah yang di sebut dengan Precognitive Dream. Atau bisa dikatakan mimpi yang berubah menjadi sebuah kenyataan. Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra. Pemimpi juga dapat merasakan emosi pada saat sedang bermimpi, misalnya seperti emosi rasa ketakutan pada saat mimpi buruk.
Ilmu yang mempelajari tentang mimpi disebut Oneirologi. Mimpi adalah komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa kita. Fakta unik lainnya adalah sadarkah kamu bahwa sebenarnya sepanjang waktu kamu sedang bermimpi meskipun kamu dalam keadaan sadar, namun proses tersebut sedang berlangsung di alam bawah sadar kamu. 


 ^ Somniloquy / Ngigau ^
Mungkin istilah Somniloquy terdengar begitu asing di telinga kamu. Akan tetapi untuk ahli medis istilah ini sangat familiar bagi mereka, karena somniloquy adalah salah satu istilah medis bagi seseorang yang mengalami gangguan dalam tidur. 

Somniloquoy adalah suatu bentuk masalah tidur yang dikenal sebagai parasomnia yang juga merupakan gangguan tidur seperti berjalan sambil tidur, anggota badan yang bergerak secara berkala pada saat tidur, gigi menggiling, dan sindrom kaki gelisah. 



Tidak ada yang tahu persis apa penyebab beberapa orang mengigau, tetapi mungkin saja hal ini terkait dengan faktor-faktor fisik dan psikologis, termasuk kekurangan gizi, stres, dan kurang tidur. Orang lebih cenderung untuk berbicara saat tidur ketika mereka mengalami demam tinggi atau sakit. Jenis obat tertentu juga bisa membuat orang mengigau, terutama obat yang digunakan untuk mengobati gangguan seperti depresi atau skizofrenia dan obat nyeri. Alkohol juga bisa membuat anda lebih mudah mengigau.




Stres merupakan faktor yang menyebabkan beberapa orang mengigau selama tidur. Orang dewasa sering mengigau jika stress dan mengigaunya menghilang ketika stres/masalahnya terselesaikan. Mengigau tampaknya juga merupakan turunan, jadi jika ibu dan ayah anda  mengigau selama tidur, ada kemungkinan besar bahwa anda juga akan mengigau. :v

Gimana keren gak?? Kamu pernah ngalamin yang mana?? Kalo aku yang Dream in corporation dan Sentakan Hypnic... Jangan lupa komen ya... dan juga kunjung balik :D

Bye..

2 comments:

  1. Replies
    1. iya makasih ^^
      rajin2 visit ya.... :D
      btw, ini siapa ya?? kok tau nama aku?? 0_o

      Delete

Thanks for visit my blog. It's better if you feel free to comment and share. Include the address of this blog if you want to copy my article. I love my visitors and HAVE A NICE DAY ^^v