Friday, November 22, 2013

Apa Saja Informasi dan Fakta Tentang Kupu Kupu??


Disini ada yang suka sama puku puku?? Eh... salah hehe, kupu kupu maksudnya :D Buat yang suka tapi gak tau fakta tentang kupu kupu ini dia aku kasih ke kamu secara cuma cuma dengan syarat, KOMEN!! Bagi yang biasa aja sama kupu kupu, gapapalah ya kan, sekedar nambah informasi.... langsung aja liat aja ke bawah...

1. Nama kupu kupu atau butterfly awalnya digunakan untuk menyebut kupu kupu jenis Yellow Brimstone Butterfly yang banyak dijumpai di Eropa lho!! Kupu kupu tersebut dinamai Butter Clored Fly yang disingkat menjadi BUTTERFLY. Nah sejak saat itulah butterfly digunakan untuk menyebut semua jenis kupu kupu.

2. Menurut ilmuwan ada sekitar 20.000 spesies kupu kupu yang dikenal diseluruh dunia.

3. Kupu kupu dan ngengat termasuk dalam ordo Lepidoptera yang berasal dari kata Yunani "Lepidos" dan "Pteron" yang berarti Timbangan dan Sayap.

4. Aslinya kupu kupu memiliki 4 sayap yang sebenarnya berwarna transparan. Berbagai warna sayap kupu kupu sebenarnya hanya merupakan sebentuk selapis. #hah?



Gimana keren gak??
Sayap kupu kupu sangat rapuh, begitu pula pelapis warna pada sayap mudah rusak saat disentuh.


5. Banyak kupu kupu memiliki pola sayap yang cantik sekaligus rumit cute cute gitu #ihlebe Desain rumit itu berguna untuk berkamuflase

6. Pola pada sayap juga berguna saat kupu-kupu akan kawin. Pola yang beraneka ragam berguna untuk menarik perhatian pasangan.

7. Pada umumnya, kupu-kupu meletakkan telur mereka di berbagai bagian tanaman seperti daun, batang, dan lainnya.

8. Beberapa spesies kupu-kupu, seperti Lady Painted, dikenal terbang bermigrasi sejauh ribuan kilometer selama musim dingin.


Nih... rupa dari dari kupu kupu Lady Painted. Cantik kan?? ^^
Cantik banget!! Seperti yang punya blog :P :D

9. Kupu-kupu ditemukan di seluruh dunia kecuali di benua Antartika.

10. Kupu-kupu tidak bisa terbang jika suhu tubuh mereka kurang dari 30°C.

11. Sebagai hewan berdarah dingin, kupu-kupu perlu selalu menghangatkan diri. Sinar matahari merupakan sumber energi utama untuk mempertahankan kehangatan tubuh kupu-kupu.

12. Kupu-kupu terutama banyak hidup di daerah tropis dimana tersedia berbagai macam makanan serta iklim yang lebih ramah.

13. Alih-alih mulut, kupu-kupu makan menggunakan semacam belalai panjang yang disebut proboscis. Sebagai informasi, indera perasa kupu-kupu terdapat pada kaki mereka.

14. Tubuh kupu-kupu dewasa terbagi menjadi kepala, dada, dan perut. Mereka memiliki enam kaki.

15. Saat hinggap di bunga, serbuk sari akan menempel pada kaki kupu-kupu. Kupu-kupu lantas membawa serbuk sari ini ke bunga atau tanaman lain sehingga membantu penyerbukan.

16. Sebagian besar spesies kupu-kupu aktif pada siang hari dan beristirahat pada malam hari.

17. Berat rata-rata kupu-kupu sebanding dengan dua kelopak mawar!

18. Kupu-kupu Birdwing memiliki sayap besar dan bersudut sehingga ketika terbang menyerupai burung.

19. Kupu-kupu Parnassian ditemukan hidup di ketinggian hingga 5.000 meter di Pegunungan Rocky.
Nih dia skema metamorfosis Puku puku?? Eh maaf salah Kupu kupu :D

20. Seiring pertumbuhan ulat, maka kulit mereka juga ikut tumbuh. Ulat harus berganti kulit mirip ular setidaknya lima kali sebelum memasuki fase kepompong.

21. Kupu-kupu memiliki rentang hidup yang sangat singkat. Beberapa, jenis kupu-kupu bisa hidup 9 sampai 10 bulan. Namun jenis spesies lain hanya hidup beberapa minggu atau bahkan beberapa jam.
Ini dia yang namanya Kupu-kupu Red Admiral

22. Tidak semua kupu-kupu menyukai nektar. Beberapa jenis kupu-kupu seperti Red Admiral lebih menyukai buah busuk dan kotoran hewan. #akubarutau

23. Kupu-kupu mengeluarkan mekonium, cairan merah (yang terlihat seperti darah), yang terdiri dari bahan limbah dari tahap kepompong.

Kupu-kupu Swallowtail, susah untuk dapat foto yang ada di lumpur :D


24. Kupu-kupu Swallowtail jantan biasa berkumpul di sekitar genangan lumpur untuk mendapatkan nutrisi dan mineral dari lumpur. #lucuya? :D

25. Spesies kupu-kupu tertentu, seperti kupu-kupu Monarch, menghasilkan racun yang mencegah predator memangsa mereka. #huhuh
Cantik!! Tapi serem lho :D

26. Ulat tidak memiliki tulang, tetapi memiliki lebih dari 1000 otot. Otot-otot ini membuat ulat mampu bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

27. Kupu-kupu adalah makhluk rapuh. Populasi mereka mudah terganggu seiring dengan terjadinya perubahan iklim dan habitat. :( *akuturutbersedih

28. Kupu-kupu merupakan sumber makanan utama bagi burung. Itu sebab, keberadaan kupu-kupu penting untuk menjaga keseimbangan ekologi.

29. Konservasi habitat alam, serta pengurangan penggunaan pestisida, herbisida, dan bahan kimia lainnya amat penting untuk menjaga populasi kupu-kupu.

30. Sebagian kupu-kupu telah menjadi spesies langka bahkan ada diantaranya yang telah punah Kupu-kupu Verxes Blue merupakan contoh spesies yang sudah punah pada tahun 1943.

Bonus: kalo ini namanya Kupu Kupu Burung Hantu. Sumpah... keren!!
Bener bener mirip kan sama burung hantu??

Jiah... bagaimana?? Menarik?? Membosankan?? Komen ya?? Please?? #mukamelas

0 Comments:

Post a Comment

Thanks for visit my blog. It's better if you feel free to comment and share. Include the address of this blog if you want to copy my article. I love my visitors and HAVE A NICE DAY ^^v