Sunday, October 6, 2013

Perbedaan DNA dan RNA


Annyeong!!
Hari ini aku ngepost tentang DNA dan RNA. Gak tau kenapa tiba tiba lari ke genetika??
Setau aku ini pelajaran Kelas X bukan?
Aku kurang tau karena sekarang aku masih kelas 8...
Hehe..
Bagi kakak-kakak yang kebetulan mampir ke blog aku dan lebih ngerti masalah DNA dan RNA, kalo ada yang salah tolong dikoreksi ya??
Ya udah langsung aja...





DNA :
  • Letak : Nukleus, kloroplas, mitokondria
  • Fungsi : pembawa informasi genetik dan sintesis protein
  • Rantai : panjang, tangga tali berpilin (double helix)
  • Bentuk: pita spiral ganda
  • Kadar : tetap tidak dipengaruhi kecepatan sintesis protein
  • Gula pentosa : deoksiribosa
  • Basa nitrogen: 
  1. Purin: adenin (A), guanin (G)
  2. Pirimidin: timin (T), sitosin (S)  


RNA :
  • Letak : nukleus, mitokondria, kloroplas, sitoplasma, dan ribosom
  • Fungsi : sintesis protein
  • Rantai : pendek, tunggal dan tidak berpilin
  • Bentuk: pita tunggal
  • Kadar : berubah-ubah, tergantung aktivitas sintesis protein
  • Gula pentosa : ribosa
  • Basa nitrogen:

  1. Purin: adenin (A), guanin (G)
  2. Pirimidin: urasil (U), sitosin (S) 

Ini sekedar informasi dan pengetahuan, untung untung nambah jumlah entri :D

Keep Reading and Let's Be Smart

0 Comments:

Post a Comment

Thanks for visit my blog. It's better if you feel free to comment and share. Include the address of this blog if you want to copy my article. I love my visitors and HAVE A NICE DAY ^^v